Allegri Kritik Penggunaan VAR, Ini Respons Asosiasi Wasit Italia

Allegri Kritik Penggunaan VAR, Ini Respons Asosiasi Wasit Italia

Allegri Kritik Penggunaan VAR, Ini Respons Asosiasi Wasit Italia

Agen Judi Bola OnlineRoma – Pelatih Juventus Massimiliano Allegri mengkritik cara wasit menggunakan Video Assistant Referee (VAR). Kritiknya pun ditanggapi oleh asosiasi wasit Italia.

Allegri mengungkapkan kritiknya selepas Juventus ditahan imbang Atalanta 2-2 pada akhir pekan kemarin. Pertandingan itu diwarnai dua momen di mana wasit Antonio Damato menggunakan VAR untuk mengambil keputusan.

Yang pertama adalah ketika Mario Mandzukic mencetak gol di menit ke-57, yang belakangan dianulirnya usai menggunakan VAR karena melihat ada pelanggaran. Yang kedua adalah saat dia memutuskan memberikan penalti jelang akhir pertandingan.

Baca Juga : Montella: Milan Harus Lebih Berani dan Tenang Hadapi Roma

Allegri menyebut seharusnya wasit bisa lebih bijak dalam menggunakan VAR, agar tak terlalu banyak insiden ditinjau lagi menggunakan teknologi itu. Pelatih 50 tahun itu khawatir terlalu banyak momen yang dilihat lewat VAR sehingga pertandingannya menjadi terlalu lama, bisa jadi sampai tiga atau empat jam kalau di laga-laga krusial.
Soal ini, Presiden Asosiasi Wasit Italia menanggapi dengan cukup santai. Jika pada akhirnya laga harus berjalan lebih lama, dia menyebut, dengan sedikit berseloroh, artinya ada lebih banyak hiburan untuk penonton.

Tapi selain itu, VAR memang fasilitas yang diberikan agar meringankan beban wasit, membantu mereka dalam keputusan-keputusan yang diambil.

“Setidaknya itu berarti pertandingannya lebih menyenangkan dan lebih banyak permainan untuk harga tiket yang dibeli,” ujar Nicchi dikutip Football Italia.

“VAR adalah instrumen yang, kalau disempurnakan, bisa membawa keuntungan luar biasa besar. Ada banyak elemen positif. Kita praktis sudah menghilangkan hukuman kartu untuk perselisihan pendapat (atas keputusan wasit) dan tekel-tekel kasar juga sudah ditekan.”

“Teknologi ini juga bagus untuk para wasit, yang bisa masuk ke lapangan dengan rasa tenang karena mereka punya sebuah pengaman yang penting,” tambahnya.