Percakapan VAR Inter Vs Juventus Bukan Hilang, tapi Memang Tak Ada

Percakapan VAR Inter Vs Juventus Bukan Hilang, tapi Memang Tak Ada

Percakapan VAR Inter Vs Juventus Bukan Hilang, tapi Memang Tak Ada

Agen Judi Bola Online – Milan – Ketua Komisi Wasit Serie A Nicola Rizzoli meluruskan polemik hilangnya rekaman percakapan VAR Inter Milan Vs Juventus. Rekaman itu memang tak ada dan bukan hilang.

Mantan jaksa FIGC, Giuseppe Pecoraro, mengeluarkan pernyataan yang memicu kontroversi akhir pekan lalu. Ia mengungkapkan bahwa saat menyelidiki laga Inter Vs Juventus di musim lalu, rekaman percakapan wasit dan VAR ada yang hilang.

Pecoraro sendiri menyelidiki laga ini karena kepemimpinan wasit Daniel Orsato yang dianggap merugikan Inter sehingga Nerazzurri kalah 2-3. Salah satu keputusan Orasto yang diperdebatkan adalah saat tak mengkartu Miralem Pjanic yang mengarahkan lututnya ke dada Rafinha.

Padahal Pjanic sebelumnya sudah mendapat kartu kuning. Rekaman dari insiden inilah yang dinyatakan oleh Pecoraro hilang.

Menanggapi kontroversi yang muncul akibat pernyataan Pecoraro, Rizzoli berusaha meluruskan apa yang sebenarnya terjadi. Menurutnya, rekaman tersebut memang tidak ada dan bukan hilang. Ini karena hanya percakapan wasit dan VAR dalam insiden penalti dan kartu merah yang direkam.

Ia juga menjelaskan kewenangan untuk merekam bukan berada di tangan wasit. Melainkan direkam oleh Lega Technical Provider.

“Protokol menyatakan bahwa hanya percakapan tertentu yang direkam dan itu dilakukan bukan oleh wasit. Namun oleh Lega Technical Provider yang lalu memberikannya ke AIA (Asosiasi Wasit Italia) jika mereka ingin mempelajarinya,” ujar Rizzoli dikutip dari Football Italia.

“Hanya lima atau enam momen dari setiap pertandingan yang bisa diunduh secara online untuk pembelajaran para wasit. Klip-klip ini juga dikirim ke IFAB dan tidak sepenuhnya dimiliki oleh AIA.”

Baca Juga : De Bruyne: Meski Tak Menarik Lagi, Liga Inggris Harus Dituntaskan

“Pecoraro meminta rekaman seluruh pertandingan, tetapi tak banyak pertandingan Serie A yang memilikinya. Rekaman itu memang tidak ada jadi kami tak bisa menyediakannya.”

“Satu-satunya hal yang harus direkam jika menilik dari protokol adalah insiden kartu merah langsung dan penalti. Untuk insiden kartu kuning, apakah itu yang kedua atau yang pertama, tidak direkam dengan VAR. Kami juga mencoba meminta rekaman itu, tapi sejak awal itu memang tak pernah direkam,” tambahnya.